Sabtu, 27 April 2019

Langkah Awal Dalam Belajar Bahasa Inggris

  Seperti yang kita ketahui, bahwa bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional. Dimana Bahasa Inggris merupakan bahasa komunikasi dalam tingkat internasional di berbagai negara di dunia. Bahasa Inggris itu sendiri akan kamu perlukan sewaktu kamu akan mendaftar beasiswa ke luar negeri. Dan juga kamu perlukan dalam dunia pekerjaan.


  Jika kamu ingin belajar menguasai Bahasa Inggris, ada tiga hal yang akan kamu pelajari, yaitu: Listening, Writing, Speaking.  Tiga hal itulah yang harus kamu kuasai untu mampu menguasai Bahasa Inggris.


Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan langkah awal yang dapat kamu lakukan dalam mempelajari bahasa Inggris.


Biasakanlah Untuk Mendengar Musik / Nonton Film dalam Bahasa Inggris.


   Jika kamu mempelajari suatu bahasa, maka kamu harus melatih pendengaranmu untuk peka terhadap bahasa tersebut. Biasakanlah untuk mendengarkan lagu dalam Bahasa Inggris yang membantu kamu melatih skill listening kamu untuk terbiasa mendengarnya. Dengan begitu, kamu tidak lagi merasa asing untuk mendengar bahasa tersebut. Hal ini sangat membantu kamu dalam belajar Bahasa Inggris.

  Cobalah dengan mulai memilih lagu yang slow agar kamu dapat mendengarkan apa yang diucapkan oleh penyanyi tersebut. Jika bisa, cobalah untuk menuliskannya dalam note book mu. Ulangilah lagu tersebut sampai kamu merasa sudah menuliskan seluruh liriknya dari apa yang kamu dengar. Lalu cobalah mencari lirik asli dari lagu tersebut dan cocokkanlah dengan lirik yang kamu tuliskan tadi. Dengan begitu kamu tahu kata yang benar dari lagu tersebut. 

  Dengan melakukan hal ini, kamu bisa menambah vocabulary kamu. Dan juga secara tidak langsung kamu juga melatih skill writing kamu. Mengapa? Karena dengan menuliskan ulang apa yang kamu dengar, kamu sudah melatih skill writing kamu. Dan ketika kamu memeriksa kembali dengan melihat lirik asli dari lagu tersebut, kamu mengetahui tulisan yang benar dari lirik lagu tersebut.

  Selanjutnya, pilihlah film yang berbahasa Inggris. Mulailah dari film anak-anak dengan dialog sederhana guna melancarkan skill listening kamu. Saya anjurkan kamu memilih film yang memiliki subtitle dalam bahasa Inggris juga. Jadi, ketika kamu menonton kamu bisa langsung membaca teks percakapan yang sudah tertulis dan mencatatnya di note book kamu.

  Dengan mengimplementasikan hal ini, kamu sudah memulai langkah yang bagus dalam proses belajarmu. Lakukanlah secara rutin agar kamu terbiasa dan semakin lancar mengasah skill listening & writing mu. Nikmati setiap proses belajarnya agar kamu tidak merasa terbebani dan tetap ingin mempelajarinya setiap harinya.

Berikut beberapa animasi anak yang dapat kamu jadikan referensi belajarmu:

1. Baby Bus 
    Carilah animasi ini di youtube dengan keyword: Baby Bus in English. Lalu jangan lupa untuk mengaktifkan subtitle nya. Animasi ini memiliki banyak episode  yang berdurasi cukup singkat namun kata-katanya mudah di ingat. Animasi ini juga memiliki lagu yang dapat membantu kamu untuk mengasah listening kamu.


2. English Fairy Tales
    Animasi ini juga bisa kamu cari di youtube dengan keyword: English Fairy Tales. Animasi ini tersedia dalam setiap episode nya yang berdurasi mulai dari 10 menit ke atas. Animasi ini juga tersedia subtitle nya. Sehingga kamu bisa mengunduhnya untuk belajar di waktu senggang.



3. T-Series Kids Hut
    Animasi ini memiliki accent India. kamu bisa mencari di youtube dengan keyword: T-Series Fairy Tales. Animasi ini sama seperti English Fairy Tales yang memiliki subtitle di video nya. Dan juga kamu bisa melatih listening kamu dalam mendengar accent lain. Dan juga animasi ini memberitahu kamu akan phrases in English.


4. Paw Patrol
    Animasi ini dapat kamu tonton di channel Nickelodeon. Animasi anak ini memiliki bahasa sehari-hari dan kamu juga bisa menambah kosakata baru dari animasi ini. 
 

   Berikut animasi yang dapat kamu tonton, sebagai langkah awal kamu belajar Bahasa Inggris. Jangan merasa malu untuk belajar dari video anak-anak yang sederhana. Dengan mengawalinya dan melakukannya secara rutin, kamu akan terbiasa dan bisa mendengarkan dan menonton konten yang lebih kompleks di kemudian harinya.

  
You do not have to be great to start. But, you have to start to be great.
Kamu tidak harus menjadi hebat untuk memulai. Tapi, kamu harus memulai untuk menjadi hebat. 

Vocabulary (Kosakata):
1. Skill: Kemampuan
2. Phrases in English: Frasa dalam bahasa Inggris
3. Note Book: Buku Catatan
4. Channel: Saluran 
5. Subtitle: Teks di bawah film 
6. Accent: Logat

Sekian dari saya, semoga bermanfaat!


31 komentar:

  1. wahhh.. good idea.. makasi infonya..
    berguna buat anak nih...

    BalasHapus
  2. Kayaknya buat melatih anak2 juga asyik ni. Secara baby bus enak2 nyanyinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, adek saya juga udah saya kasih tontonan ini kak, dan emang ngefek, dia belajar bahasa baru tanpa dia sadari😄

      Hapus
  3. metode ini terbukti banget memang, semakin sering kita nonton atau mendengar lagu bahasa inggris, semakin cepat nempel itu kata2 yg ada di dalamnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, apalagi kalo di dukung visual kak, semakin cepat otak ngerekamnya😄

      Hapus
  4. Iya anak saya banyak belajar dari youtube dan terbantukan sekali menghafal kata2nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya buk, banyak animasi yang menarik buat anak2 belajar,hehe

      Hapus
  5. Tulisan pertamanya keren n bermanfaat banget ya kak puti...good job...

    Ntar ibu cobain ke Arkan biar kayak kak puti jago englishnya...

    Semangat menulis n nebar kebaikan terus ya kak puti sholehah....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah buk, Aamiin, soalnya si adek juga puti kasih tontonan ini buk, emang bagus isinya, hehe :D
      Aamiin Alllahumma Aamiin, makasia buk :D

      Hapus
  6. Kaaaak. Ini bagus banget tulisannya beneran 😍 dan dikasih rekomendasi filmnya juga. Keren. Jadi bisa belajar bareng anak juga..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, terimakasih kak :D. Alhamdulillah, semoga bermanfaat kak ^^

      Hapus
  7. Selain lagu film juga media belajar bhs Inggris rupanya...

    BalasHapus
  8. Terus terang saya juga lumayan ketinggalan dalam belajar berbahasa inggris. Dulu sempat les juga waktu masih SMP, tapi malah sering cabut dari kelas. Ckckc (jangan dicontoh!)

    Sekarang mulai belajar2 lg secara otodidak. Dan memang benar, salah satu yang paling membantu itu ya nonton film luar tanpa subtitle. Cara ini jg saya pakai waktu ada ujian toefl sbg syarat bisa naik ke meja sidang, waktu itu skor toefl minimal yg harus didapat 475 (bagi saya tinggi banget)
    Sekarang selain biasain nonton film tanpa subtitle, juga mulai biasain nonton channel youtube dari luar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bg, bener. Dulu juga saya gitu, malah sempet ngerasa takut sendiri nonton film yang ga ada subtitle nya, tapi ternyata memang berguna untuk ngelatih diri untuk terbiasa dengan bahasa itu, dan coba memahami film itu tanpa subtitle, nge-challenge diri sendiri sih jadinya ^^

      Hapus
  9. Tp itu nggak takut jd kecanduan gadget kak? Hehehe kalo tv cable lumayan banyak buat anak2 soalnya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebetulan saya punya adik umur 3 tahun kak, dan juga kebetulan tv dirumah saya bisa dicolokin flashdisk, jadi saya pindahin file nya ke flashdisk dan adik saya bisa nonton dari TV kak tanpa harus lewat gadget^^ Kalo tv cable bisa juga kak, tapi contohnya dari mn*, Ind*eHome, karna channel dari luar banyak disitu kak kaya nickelodeon,disney channel,dll. Semoga terjawab kak^^

      Hapus
  10. Kalau nonton pilem berbahasa Inggris tanpa subtitle English kadang masih belum paham hahha
    Tapi kalau ada subtitle English baru bisa atau misalkan nonton Korea atau drama turki di YouTube pake subtitle English itu juga asyik 😁 wlaau kadang ke google buat satu dua kata yg gak kita tahu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa juga kak, nonton film dari negara lain dengan sub bhs.inggris juga membantu, kita juga tau tulisan dan bentuk2 kalimatnya kak, tapi kekurangannya kalo dari film yang bukan berbahasa inggris, kita kurang tau pelafalan yang benar kak. Semoga membantu kak^^

      Hapus
  11. Hmmmm... baiklah. Jadi tau pilihan vidio yang pas buat ngajarin ponakan.

    BalasHapus
  12. wuah ini keren nih. nice info kak. semoga ntr baby ku anteng dan bisa segera berbahasa inggris aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. AAmiin. Terimakasih dan semoga bermanfaat kak^^

      Hapus
  13. Perbanyakin tips2 ttg belajar bahasa inggris ya kak, sangat membantuu👍 setelah ini masih ada tips gimana cara berkomunikasinya kan kak?ditunggu yaa semangatt..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, masih ada lagi lanjutan tentang belajar bahasa Inggris, ditunggu yaa😄 terimakasih🖤

      Hapus
  14. Mengispirasi buat belajar bahasa inggris 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, terimakasih bg, semoga semangat buat belajar nya yaaa😄

      Hapus
  15. Tipsnya keren nih kak... Sekarang anak anak dituntun untuk nonton film kartun berbahasa Inggris. Dan nanti bicara sama orangtua atau kerabatnya pun pakai bahasa Inggris. Alfie pernah ketemu anak yang beginian. Dan itu memang mujarab.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih bg, hehe. iya bg, soalnya metode ini juga saya terapkan ke adek saya, dan memang berdampak bg..

      Hapus
  16. Tipsnya keren nih kak... Sekarang anak anak dituntun untuk nonton film kartun berbahasa Inggris. Dan nanti bicara sama orangtua atau kerabatnya pun pakai bahasa Inggris. Alfie pernah ketemu anak yang beginian. Dan itu memang mujarab.

    BalasHapus

What I Learned From My Little Brother

I want to share things that I got from my little brother. But first, let me introduce to you my little brother. His name is Arazka...