Rabu, 08 Mei 2019

Referensi Aplikasi Dalam Belajar Bahasa Inggris


   Dalam mempelajari sebuah bahasa, hal yang kamu butuhkan selain mempelajari struktur dari bahasa tersebut ialah ‘pendukung’ yang dapat membantu kamu untuk mempelajari bahasa tersebut lebih dalam lagi.


   Masih berhubungan dengan Bahasa Inggris, maka pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa referensi aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk mempermudah proses belajarmu dalam belajar Bahasa Inggris. Dimana aplikasi berikut dapat kamu gunakan secara online maupun offline melalui ponsel kamu.

1. Merriam Webster 



    
   Aplikasi ini dapat kamu unduh melalui aplikasi Play Store dengan keyword: Merriam-Webster Dictionary. Kamus ini merupakan kamus yang menggunakan bahasa pengantar Bahasa Inggris, aplikasi ini berukuran 65.87 MB. Saya merekomendasikan aplikasi ini karena sangat membantu kamu ketika ingin mencari definisi dari sebuah kata dalam bentuk Bahasa Inggris. Karena kamus ini dapat dikatakan seperti KBBI dalam bahasa Inggris. Serta, kamus ini juga mencantumkan word level  (kelas kata) dari kata yang kamu cari. Apakah termasuk kategori Verb (Kata Kerja), Noun (Kata Benda), Adjective (Kata Sifat), dan sebagainya. Dan juga aplikasi ini memiliki permainan yang bersifat edukatif dalam hal melatih dan menguji sejauh mana vocabulary yang kamu miliki. Aplikasi ini juga menyediakan fitur suara yang dapat kamu dengar untuk mengetahui pelafalan yang benar dari kata yang kamu cari. Kamu juga tidak perlu khawatir, karena aplikasi ini dapat diakses secara online maupun offline. Namun saya sarankan untuk mematikan data seluler kamu saat menggunakan aplikasi ini, karena jika tidak akan ada iklan-iklan yang bermunculan di layar ponselmu. Dan satu lagi hal yang disuguhkan oleh aplikasi ini ialah, memiliki informasi tambahan berupa word of the day. Dimana kamu dapat mengetahui kosakata baru serta mengetahui definisi, contoh, serta informasi tambahan mengenai kata tersebut. Sangat bermanfaat bukan?




2. English Grammar Test




   Aplikasi berikut ini juga dapat kamu unduh melalui aplikasi Play Store dengan keyword: English Grammar Test. Aplikasi ini hanya berukuran 3.4 MB saja, jadi tidak membutuhkan ruang yang terlalu besar di ponsel kamu. Saya merekomendasikan aplikasi ini karena aplikasi ini memiliki fitur semacam pertanyaan pilihan berganda yang dapat kamu kerjakan, guna latihan kamu dalam mengetahui sejauh mana kemampuan kamu dalam bahasa Inggris. Dan kamu dapat memilih tingkatan nya mulai dari beginner dan advanced. Dan juga, kamu dapat memilih topik apa yang ingin kamu kerjakan terlebih dahulu dari 18 topik yang disediakan oleh aplikasi ini. Serta pada setiap topiknya terdapat level dari pertanyaannya yaitu easy dan medium. Setelah kamu mengisi pertanyaan dari topik yang kamu pilih, maka kan muncul penjelasan mengenai soal yang kamu jawab, baik jawabanmu benar atau tidak. Aplikasi ini juga dapat kamu gunakan secara online maupun offline.




 3. TOEFL Listening





  Aplikasi ini berukuran 13.36 MB, tampilannya pun sederhana dan mudah digunakan. Aplikasi ini dapat membantu kamu melatih skill listening kamu dan juga dapat kamu gunakan sebagai latihan kamu jika kamu ingin mengikuti tes TOEFL suatu hari nanti. Dapat dikatakan bahwa aplikasi ini memberi kamu materi latihan guna melatih listening serta menambah vocabulary kamu. Terdapat 2 section dalam kolom conversation pada aplikasi ini. Serta banyak jenis percakapan berbahasa Inggris yang dapat kamu pilih untuk kamu gunakan sebagai latihanmu. Aplikasi ini dapat kamu gunakan secara online maupun offline. Namun untuk materi conversation-nya kamu harus mengunduhnya terlebih dahulu untuk digunakan secara offline.

   Saya sarankan ketika kamu menggunakannya untuk melatih listening kamu, gunakanlah speaker  untuk mendengar percakapannya. Lalu setelah kamu memutar audio dalam aplikasi tersebut, cobalah untuk tidak melihat teks percakapan yang ditampilkan di layar ponselmu, guna melatih kamu untuk benar-benar dapt mendengarkan kata-kata yang dikatakan oleh pembicara dalam audio itu. Setelah kamu selesai melakukannya, kamu dapat memeriksanya dengan mencocokkan tulisan kamu dengan teks percakapan aslinya. Dengan begitu kamu dapat mengetahui dan mengukur kemampuan kamu dalam listening.



4. IELTS Listening


  
   Aplikasi berikut ini berukuran 12.04 MB, juga memiliki tampilan dan materi yang sama seperti aplikasi TOEFL Listening, namun yang membedakannya adalah materi yang ada dalam kolom IELTS dalam aplikasi tersebut. Pada kolom More yang berisikan informasi tambahan seperti most common phrases, English idioms, dan sebagainya. Memiliki materi yang sama serta pengucapan yang sama seperti yang terdapat di aplikasi TOEFL Listening.
   
   Saya merekomendasikan aplikasi ini karena kamu dapat menambah referensi maupun gambaran materi yang akan kamu gunakan untuk melatih kemampuanmu lebih dalam lagi dalam mempelajari bahasa Inggris. Aplikasi ini juga dapat kamu gunakan secara online maupun offline. Dan kamu juga harus mengunduh audio nya terlebih dahulu untuk digunakan secara offline. Dan perbedaan dari aplikasi TOEFL Listening ialah, seperti yang saya sebutkan sebelumnya, yaitu materinya. Dimana terdapat 3 section dimana yang pertama tentang listening dan juga terdapat pilihan level  yang dapat kamu pilih yaitu mulai dari basic, intermediate, dan advance. Namun ada materi tambahan yang ditampilkan di aplikasi ini. Lalu pada section yang kedua yaitu writing & speaking, dimana ada materi yang membahas tentang writing & speaking. Ketiga, reading section. Terdapat materi berupa essays, story, quiz & vocabulary

Sekian dari saya, semoga bermanfaat!

Enjoy the process, then you will enjoy the results.
Nikmati prosesnya, maka kamu akan menikmati hasilnya. 
-Rizka Auliya- 




12 komentar:

  1. Wahhh kalo lg buka apps nya kudu fokus atau bisa diselingin sambil ngapain gitu mbaak? Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung tipe orangnya kak, ada yang memang lebih suka suasananya hening, jadi hanya fokus membaca materi di aplikasi. ada yang sembari dengerin musik. tapi kalo emang lagi persiapan tes toefl/ielts, lebih baik si fokus kak dalam keadaan hening dan juga pake timer. kalo emang untuk nambah vocab aja, sambil baca2 santai juga gapapa kak. semoga terjawab ya kak^^

      Hapus
  2. Lumayan juga aplikasi nya ya.. Gak terlalu besar.
    Tapi kadang emak2 ini lebih sering pake Google translate. Hihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya kak..
      Iya kak, google translate emang yang tercepat kalo mau instan.
      cuma terkadang google translate mau error juga translation nya kak,hehe

      Hapus
  3. Waaa terima kasih informasinya.. Saya akan tes toefl beberapa waktu kedepan. Semoga aplikasi yg diinform ini membantu saya berlatih.. Barakallah mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengan senang hati mba. Semoga lancar untuk tes toefl nya ya mba. Selamat berlatih dan semoga sukses mba^^

      Hapus
  4. Referensinya nggk terlalu besar memorinya untuk diunduh. Nanti dicoba2. Makasih kak put...

    BalasHapus
  5. Asyk,boleh nanti ku coba kak.. Otw download ni

    BalasHapus

What I Learned From My Little Brother

I want to share things that I got from my little brother. But first, let me introduce to you my little brother. His name is Arazka...